MEMIMPIN KE JALAN YANG BENAR (3)

Selasa, 2 Agustus 2016

Galatia 6 : 1
Sesungguhnya manusia itu diciptakan Allah dengan memiliki kemampuan yang luar biasa, diantaranya memiliki kemampuan untuk memimpin orang lain ke jalan yang benar. Tentunya tidak semua orang dapat melakukannya, sebab orang yang akan dipakai untuk memimpin orang lain ke jalan yang benar itu ada harga yang harus dibayar.
1. Contohnya Nuh (Kejadian 6:9a). Alkitab berkata:
 Nuh adalah seorang yang benar dihadapan Allah.
 Nuh adalah seorang yang memiliki hubungan yang akrab dengan Allah.
 Nuh adalah seorang yang tidak bercela diantara orang-orang pada zamannya.
 Nuh adalah seorang yang taat di dalam melakukan setiap FirmanNya.
Orang seperti Nuh ini adalah orang yang bisa dipercaya untuk memimpin orang lain ke jalan yang benar.

2. Daniel (Daniel 1:20).
 Daniel diciptakan Allah lebih cerdas dari pada semua orang berilmu di seluruh kerajaan Nebukadnesar. Situasi moral dalam kerajaan itu semuanya kafir. Namun Daniel mengambil ketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan mereka dan tetap setia kepada Allah.
 Daniel memiliki iman yang teguh karena hidupnya dipuaskan oleh kebenaran firman Allah. Daniel hidup di zaman Raja Yosia. Yaitu raja yang mengasihi Tuhan. Daniel hidup pada masa Nabi Yeremia. Seorang nabi yang taat kepada Tuhan. Daniel hidupnya dipenuhi kebenaran-kebenaran Allah dan kasih Allah.
Orang seperti Daniel ini adalah orang yang bisa dipercaya untuk memimpin orang lain kejalan yang benar.

Galatia 6:1 Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.
Ayat diatas berkata : harga yang harus dibayar adalah kita harus menjadi manusia rohani bukan manusia duniawi dan memiliki hati yang lemah lembut. Agar kita bisa dipakai untuk menjadi manusia yang dapat memimpin orang lain ke jalan yang benar. Amin BS

 

No comments:

Post a Comment