KEBENARAN YANG MEMERDEKAKAN (6)

Jumat, 19 Agustus 2016

Yoh. 8:32,36

Kristuslah yang telah memerdekakan kita orang percaya dari dosa. Pakai, terapkan, gunakan kemerdekaan ini dengan iman. Kristus telah tersalib bagi kita orang percaya. Kristus sendiri yang telah mematahkan kuasa dosa dari kehidupan kita orang percaya. Yesus sendiri berkata: “setiap orang yang berbuat dosa adalah hamba dosa” (Yohanes 8:34)

Lukas 11:21-22 apabila seorang kuat yang lengkap dengan senjatanya menunggui istananya sendiri, maka miliknyapun selamatlah. Apabila seorang yang lebih kuat menyerang serta menyalahkan dia, niscaya dirampasnya segala alat senjatanya.

• Siapakan orang yang kuat itu ? Lukas 11:20 berkata ialah setan. Orang kuat ini menjaga miliknya, apakah miliknya? (Miliknya ialah kehidupan lama kita). Miliknya itu selalu diancam dengan senjatanya. Apakah senjatanya? Senjatanya yaitu hukum dosa dan hukum maut. Larilah senjata setan atau iblis yang paling ampuh.


• Hanya orang yang lebih kuat yang dapat menolong manusia. Siapakah dia? Roma 7:25 ialah Tuhan Yesus Kristus. Yang dapat menolong dan melepaskan manusia dari hukum dosa dan hukum maut. Matius 1:21. Supaya manusia tidak tinggal dalam hukum dosa dan hukum maut, tetapi pindah dalam hukum Roh. Artinya manusia kita yang lama itu harus mati dan dikubur, karena sekarang telah memperoleh hidup yang baru yaitu menjadi manusia baru. Inilah dasar hidup kekristenan kita yaitu “mari kita lepas dari dosa”. Sebab Kristus telah memerdekakan kita, dari perhambaan dosa. Namun kita sadar bahwa perjalanan kita ini masih jauh, itulah sebabnya kita orang percaya harus memelihara hiudp kekristenan kita dalam kekudusan, bukan kecemaran, bukan kenajisan, bukan semakin amburadul tapi hidup dalam kebenaran Allah dan terus bertumbuh, berjalan dalam roh dan menurut petunjuk fimanNya sampai ditempat tujuan yaitu kesempurnaan rencana Allah.

Terimalah dengan iman kemenangan yang besar ini yang sudah dikerjakan oleh Tuhan Yesus Kristus bagi kita. Kita yang terlalu berlarut-larut dalam keduniawian ganti dengan hidup mau menyangkal diri dan memikul salib terus- menerus agar urapan yang diberikan kepada Paulus, Petrus, Pilipus diberikan juga kepada anak-anak Allah dalam zaman akhir ini. Amin. BS

 

No comments:

Post a Comment